Kamis, 10 Mei 2012

Cara Membuat Stempel Flash Warna - Stempel Karet Rubber | Tips N Trik | Cara Membuat STEMPEL WARNA



Posting kali ini KBG Search Cara Membuat Stempel Flash Warna - Stempel Karet Rubber yang mungkin bisa memberi manfaat baru untuk para sahabat, Untuk membuat stempel flash warna dibutuhkan peralatan dan bahan berikut : Desain stempel yang akan dibuat, Mesin stempel Flash, Karet flash, Holder/ gagang stempel, Foam cutter/ pemotong karet, Tinta, Plastik mika, Dua buah kaca penjempit, Penjempit kertas, double tips/ lem, Cara Pembuatannya :
  1. Desain stempel di cetak dengan print laser jet pada kertas Kalkir.
  2. Potong karet flash sebesar seukuran desain stempel, tempelkan desain / kertas kalkir pada plastik mika dan gabungkan dengan karet flash dengan posisi sebagai berikut : Karet flah paling bawah, Kertas mika di tengah, dan Kertas kalkir desain/ settingan stempel.
  3. Setelah ketiganya ditempel sesuai urutan, maka letakan pada kaca ukuran tebal 5 mm ukuran kira-kira 10X10 cm. Lalu apit kaca dengan kaca lain dan jepit pada keempat sisinya dengan penjempit kertas.
  4. Setelah semua dijepit dengan dua buah kaca, Lakukan penyinaran. Letakan mesin stempel di atas permukaan kaca tadi.
  5. Buka karet flash dari kedua kaca. Terlihat penghitaman pada area yang tidak dibutuhkan, terlihat pemutihan pada area desain.
  6. Bersihkan sisi karet flash yang tidak rata sesuai ukuran.
  7. Untuk stempel lebih dari satu warna, lakukan pemisahan warna dengan cara memotong bagian warna yang berlainan. Ingat, lakukan pemotongan dari dalam, jangan sampai karet terputus. Untuk pemotongan warna ini, ujung pemotong karet dapat ditusukan ditengah area yang akan di potong.
  8. Setelah dipotong pada sisi yang tidak rata dan pemisahan warna, maka stempel siap diberi warna, Teteskan tinta pada permukaannya. Hati-hati, jangan sampai tinta tumpah pada desain warna yang berbeda, tunggu tinta mongering, ulangi lagi meneteskan tinta.
  9. Beri double tip pada dasar holder/ gagang stempel dan masukan karet flash tersebut ke dalam holder/ gagang stempel yang sudah diberi double tip. Gagang stempel harus sesuai ukuran stempel yang dibuat. Kepala holder dapat dibuka, dengan cara diputar. Hal ini berguna untuk menentukan arah stempel - Stempel siap digunakan.
Untuk membuat stempel ruber dibutuhkan peralatan dan bahan berikut : Desain stempel yang akan dibuat, Mesin stempel karet, Karet runaflek minyak, Foam cutter/ pemotong karet, Gagang acrilik/ gagang kayu kayu, Dua buah kaca penjempit, Penjempit kertas, Kuas, tidak terlalu kasar dan tidak terlalu halus., Bensin, secukupnya, Tinta, Bantalan stempel, Cara Pembuatannya :
  1. Desain stempel di cetak dengan print laser jet pada kertas Kalkir transparan dengan sistim negatif. Artinya bagian area desain warna putih polos, area blank warna hitam.
  2. Potong karet runaflek sesuai ukuran. Pada karet runaflek terdapat lapisan tipis, lepas salah satunya, yaitu lapisan paling tebal.
  3. Tempel kertas kalkir pada permukaan karet flash yang telah dibuka lapisannya tadi. Lalu apit karet runaflek dan kertas kalkir tadi pada dua buah kaca yang diberi penjempit kertas pada bagian sisinya.
  4. Hidup kan mesin stempel karet dan letakan karet runaflek dan kertas kalkir yang diapit dua kaca tersebut di atas mesin stempel karet, lalu tutp mesin stempel. Tunggu hingga 45 – 60 menit.
  5. Keluarkan karet runaflek dari mesin stempel karet, lepaskan kertas kalkir dari karet runaflek tersebut. Tunggu sebentar hingga kering, lihat apakah ada bayangan film pada karet runaflek tersebut.
  6. Rendam karet runaflek di dalam bensin sambil dikuas pada permukaan desain. Jangan lakukan penguasan sembarangan. Lakukan dengan teknik penguasan searah saja, hasilnya, akan jelas terlihat penimbulan huruf / desain setelah dilakukan penguasan dengan bensin.
  7. Keringkan karet runaflek tersebut sebentar. Proses pengeringan juga dapat memanfaatkan panas dari mesin stempel runaflek. Letakan karet runaflek tersebut di dalam mesin stempel, hingga kering.
  8. Setelah karet stempel kering, bersihkan sisi karet stempel yang tidak rata, Potong busa sesuai ukuran karet stempel. Busa berfungsi untuk menguatkan rekatan karet dengan gagang stempel.
  9. Beri karet permukaan busa dan permukaan belakang karet stempel, lalu rekatkan keduanya. Kemuadian, lem juga pada permukaan tapak gagang stempel dan tempelkan pada busa stempel yang telah melekat karet stempel yang sudah jadi tadi.
Jika tidak mempunyai mesin printer laser jet, print kalkir bisa diganti dengan print biasa di atas kertas HVS. hasil print tersebut di foto copy transparan ( plastic transparan / plastic mika ) dengan kualitas tajam. Jika masih ada bintik - bintik pada hasil foto copy, dapat mengakalinya dengan memperbaiki dengan pena permanent bagian yang bintik-bintink (bolong) tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2011 Rich Blogger | Template edited by Admin | I'am Blogger